Laman

Kamis, 19 Mei 2011

Arsitek Boston Rancang Kota Mengapung




Inilah sekilas tentang kemungkinan di masa depan. Disebut NOAH, ia adalah habitat mengambang yang dapat menampung ribuan orang.

Ide ini berasal dari arsitek Kevin Schopfer, yang terinspirasi oleh hancurnya New Orleans oleh Badai Katrina pada tahun 2005.

Dia berkata, NOAH adalah contoh arkologi, yaitu penggabungan prinsip arsitektur dengan ekologi.

[Kevin Schopfer, Assosiasi Schopfer]:
"Saya mulai berpikir serius tentang gagasan menggabungkan arkologi dan teknologi kota mengambang. Akan seperti apa? Akan jadi apa?”

NOAH akan bertengger di tongkang di sungai. Ia akan dibangun dari bahan berkelanjutan dan daur ulang, dengan ribuan panel surya dan turbin angin untuk energinya.

[Kevin Schopfer, Assosiasi Schopfer]:
“Anda digerakkan ke kesempurnaan berkelanjutan semaksimal mungkin, anda mencoba setiap hal untuk memastikan materi yang digunakan, serta cara penggunaannya baik untuk lingkungan.”

Schopfer menggunakan prinsip desain yang sama di proyek lain yang disebut Harvest City.

Pada Januari 2010, gempa bumi dahsyat meratakan Port au Prince, ibukota Haiti, menewaskan 300.000 orang dan membuat jutaan orang tunawisma.

Schofer berkata, Harvest City akan mengapung di teluk Port au Prince sebagai rumah sementara dan pusat perdagangan.

[Kevin Schopfer, Assosiasi Schopfer]:
"Bagi Haiti, ini memungkinkan Haiti untuk sedikit bernafas dan memberi tempat untuk pergi, saat lahan kembali ditanami. Ini menciptakan industri baru, industri berkelanjutan dan langit yang aman, untuk sekolah, dan lain-lain.

Harvest City selebar tiga kilometer, terdiri dari lahan pertanian, pemukiman, dan pasar, yang terhubung dengan kanal.

Seperti NOAH, Harvest City juga kota yang berkelanjutan.

Ia dirancang untuk menghasilkan energi bersih, tempat pengumpulan air hujan dan desalinasi untuk pertanian dan air minum.

Ide Schopfer telah menuai reaksi beragam, mulai dari yang memuji desainnya, hingga yang berkata ini hanyalah fiksi ilmiah. Schopfer sendiri percaya, jenis masa depan berkelanjutan ini akan tiba lebih cepat dari yang disadari oleh para kritikus.

0 komentar:

Posting Komentar